KULINER NASI BALAP PUYUNG MATARAM LOMBOK

nasi balap puyungpic: google

Bagi anda  yang tinggal di Mataram Lombok,  NTB tentunya tidak asing dengan makanan khas Lombok yang satu ini. Nasi Balap Puyung, yang menjadi ikon kuliner Lombok, khususnya Lombok Tengah ini sangat terkenal karena ayam pedas dan ayam kriuk.  Nasi balap banyak kita temui di warung warung makan kecil disekitar kota Mataram,  Jika anda berwisata ke Lombok, nasi balap ini adalah menu terjangkau,  namun ada juga yang spesial dengan harga yang cukup mahal.
Asal mula makanan ini pada tahun 1970an, Inaq Esun memulai membuat makanan khas yang berisi Nasi Putih, Ayam Pelecingan, Ayam Kering dan Kacang Kedele. Pertama kali Inaq Esun menjualnya di Pasar Kebon Roek (Mataram) dengan sistem barter, yaitu menukar makanan ciptaan Inaq Esun dengan kebutuhan lainnya. Barulah sejak tahun 1990an diberi nama Nasi Balap Puyung. Asal usul nama Nasi Balap ini adalah, salah satu cucu Inaq Esun yang merupakan pembalap lokal sering memenangi perlombaan balapan, dan setiap menang dia mentraktir teman-temannya untuk makan di warung kecil milik neneknya ini. Kemudian terciptalah nama “Nasi Balap Puyung”.

Sebelum makan biasanya kita liat dulu tuh, rasanya pengen cepat-cepat nyicip, pas pertengahan makan langsung nyesel gara – gara pedesnya gak ketulungan, tapi pas selesai makan, langsung pengen tambah. Yang jual juga biasanya ngerti gan kalo masakan ini pedas, makanya Nasi Balap ini selalu ditambahin Kedelai Goreng sebagai pengurang rasa Pedas.

Oya, hati hati bro saking pedasnya nih nasi, dijamin bro sekalian  bakalan ngabisin satu roll tissue rumah makan, karena mulut jadi memble, keringat bercucuran, dan pedasnya minta ampuun. Tapi enak sih. Oke semoga berguna.

Iklan

3 tanggapan untuk “KULINER NASI BALAP PUYUNG MATARAM LOMBOK

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s