DELAPAN TAHUN EKSISTENSI YAMAHA VIXION DI INDONESIA

vixion lengkapSeperti bro and sis ketahui Yamaha V-Ixion adalah sepeda motor bertipe sport yang diproduksi oleh Yamaha Motor Indonesia saat itu YMKI. Sepeda Motor ini diluncurkan pada tahun 2007. Yamaha V-Ixion merupakan sepeda motor pertama yang diproduksi oleh Yamaha Motor Company dengan menggunakan teknologi sistem injeksi bahan bakar. Sepeda Motor ini bersaing di kelas motor sport 150 cc untuk mengimbangi kompetitor dari produsen lainnya.

Secara konstruksi mesin, Yamaha V-Ixion merupakan pengembangan dari Yamaha Jupiter MX. Tetap mengusung konfigurasi 4 klep SOHC dengan camshaft/noken tunggal, bervolume silinder 149,8 CC dan bersistem injeksi bahan bakar. Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator karena dapat mengontrol rasio pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih akurat, baik dalam proporsi dan keseragaman. Menyalakan mesin menjadi lebih mudah, lebih tahan terhadap suhu ekstrim, dan meningkatkan interval perawatan kendaraan.

Sejak pertama peluncuran, Yamaha V-Ixion sudah banyak diminati para konsumen sepeda motor di Indonesia. Statistik penjualannya terus mengalami perkembangan. Teknologi mesin yang telah berkembang dari varian lainnya serta telah didukung dengan injeksi bahan bakar membuat sepeda motor ini banyak diminati di Indonesia.

Dan pada hari Sabtu, tanggal 15 Desember 2012, diluncurkan di Kota Bandung, Yamaha New V-Ixion Lightining, atau Yamaha V-Ixion ver 2.0 dengan perubahan yang cukup signifikan pada mesin (penambahan power), kemudian keseluruhan body dari depan, bentuk tangki bensin, hingga ke bodi belakang, model lampu depan yang baru, swing arm model baru (model kotak), penggunaan roda depan ukuran 90/80 dan belakang 120/70, velg racing seperti R15 ver 2.0, suspensi baru yang lebih stabil, speedometer dengan digital interaktif, “human-to-Machine” interaction, dan penambahan Rem Cakram untuk roda belakang.

Pada tahun 2012, penjualan V-Ixion mencapai 1 juta unit. Sejak peluncuran pada tahun 2007 hingga 2014 telah terjadi beberapa perubahan warna maupun stiker, tetapi belum mengubah spek dasar dari pada motor ini. Dengan penjualannya yang boleh dibilang laris, hal tersebut menghantarkan Vixion sebagai raja motor sport kelas 150cc hingga saat ini. Namun persaingan kelas 150 cc kedepan semakin berat dan sengit, apakah Vixion dapat mempertahankan kedigjayaannya sebagai motor yang paling banyak dibeli konsumen Indonesia, kita lihat saja nanti.

Pada tahun 2015 ini, dengan kiprahnya yang ke 8 tahun peredarannya di Indonesia, Yamaha Vixion akan difacelit dengan maksud untuk mengatasi kejenuhan dan mengimbangi kompetitornya, ubahan yang santer diicarakan adalah berdasarkan masukan dari konsumen new vixion lighting (NVL) akan dirombak pada bagian Headlamp nya dan penambahan undercrowl, atau tutup bawah blok mesin agar terkesan manis, disinyalir untuk type facelit NVL ini kemungkinan dibekali dengan 6 percepatan, dengan mesin masih bertype SOHC serta power yang juga belum diketahui. Kita tungggu saja wujud asli dari New Vixion facelit 2015, semoga sesuai dengan ekspetasi komunitas pecinta yamaha Vixion. Semoga berguna.

Iklan

3 tanggapan untuk “DELAPAN TAHUN EKSISTENSI YAMAHA VIXION DI INDONESIA

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s