jump to navigation

MENENGOK KEBELAKANG AYAGO YANG DI PRODUKSI YAMAHA, HONDA, KAWASAKI DAN SUZUKI 9 Maret 2015

Posted by dioardi in Motor dan Biker.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

DIOARDI-Blog. Seperti yang kita ketahui, mungkin saat ini ayago yang brosis tahu bersewileran di jalan jalan hanyalah ayago Suzuki Satria F, yaah,,, karena hanya Suzuki saja yang masih eksis menjual Satria F, dan pabrikan lain akhir akhir ini belum menyentuhnya, selama ini ayago tanpa tanding dan lawan, ia berlari kencang sendirian, dan banyak disukai kawula muda, dan dikenal sering disebut sebut sebagai motor alay. Terlepas dari kata alay, sebenarnya ayago Suzuki ini sangat powerful dan modelnya juga keren, menyebabkan banyak biker muda fanatik pada motor ini, inilah kenapa penjualannya masih konsisten dan bagus sampai saat ini dan menjadi tulang punggung penjualan Suzuki motor saat ini, namun beberapa bisikan dan bocoran, pabrikan lain mau juga ikut kembali meramaikan pasar ayago yang masih dikuasai Suzuki, yaitu Honda Sonic aka CS1 dalam kode Honda K56A. Tak heran jika Pasar Ayago masih menyimpan potensi untuk digarap penjualannya, sehingga tetap gurih segurih kacang goreng. Untuk sobat brosis semua yang saat ini hanya melihat satu satunya motor ayago, sebenarnya pabrikan lain juga punya model ayago, namun itu dulu, kemungkinan ayago ayago mereka akan dikeluarkan lagi untuk meramaikan motor Ayam jago ini di tanah air, okey brosis ulasan motor ayago ini berusaha saya susun dan urutkan dari berbagai sumber dan mencoba menggali secara berurutan agar brosis mendapat gambaran tentang motor ayago yang diproduksi 4 besar pabrikan jepang yaitu Suzuki, Honda, Yamaha dan Kawasaki dari jaman bahula sampai jaman sekarang ini.

AYAGO YAMAHA

Yamaha Camp 100

yamaha camp

Pada akhir tahun 1989, Yamaha Indonesia (YMKI) mulai menjajal memasarkan varian bebek jago bernama Yamaha Camp, hasil penjualan waktu itu tergolong sukses. Hingga kebalap pasar senggolpun, Yamaha Champ sempat mendominasi dibeberapa race. Yamaha Champ, dengan dibekali mesin berteknologi 2 langkah, berkubikasi 102.1cc, berpendingin udara, bore x stroke = 50mm x 52mm, berkompresi 7.2:1, mengadopsi 4 percepatan, kopling otomatis tipe basah, pengapian diotaki CDI dengan daya kelistrikan 12v yang mengandalkan aki basah sebagai sumbernya, manual stater, peredam kejut depan model teleskopik, sedangkan belakang double shockbreker, berpenghenti laju disk brake single piston pada bagian depan dan drum brake pada bagian belakang, velg model spoke wheel berukuran 17″/250 depan dan 17″/275 belakang, kapasitas tangki bahan bakar 4lt serta kapasitas oli samping 1.2lt.Menurut testimoni para penggemarnya, motor ini sanggup dipacu sampai batas kecepatan 110kph dalam kondisi standar pabrik

 Yamaha JR120S

yamh JR 120S

Yamaha JR120S ini tergolong sukses dipasaran, terutama di negeri Thailand, di Indonesia tidak demikian soalnya di Indonesia masih Impor. Kehebatan Yamaha JR ini tak terbendung, hamper selalu menguasai balapan yang diadakan kala itu, mesin 2-Tak 120 cc Air-Cooled (Pendingin Udara) dengan Bore & Stroke 54 x 52 mm plus rasio kompresi sedang 6,8 : 1. ,,,. Pada bagian sistem penyuplai BBM, Yamaha JR 120 S menggunakan Karburator buatan Mikuni. output power hingga 16,8 PS dan torsi maksimum 15,5 N.m

 Yamaha Tiara 125

yamaha tiara2

Diperkenalkan pada tahun 1999 di pasar Thailand sebagai suksesor edisi sebelumnya yaitu Yamaha JR120S, Yamaha Tiara juga sukses masuk ke Indonesia pada awal tahun 2000-an. Tiara 120 S juga dilengkapi fitur yang cukup lengkap untuk kategori motor bebek. . . Sebut saja Disc Brake Ganda (Depan-Belakang), Velg Cast Wheel, Suspensi depan Teleskopik khas Motor Sport, Transmisi 6-Speed, Suspensi belakang Monoshock, Mesin tegak yang powerfull.

Yamaha Tiara 125 dipersenjatai dengan mesin 2-Tak 125 cc Air-Cooled (Pendingin Udara) dengan Bore & Stroke 54 x 52 mm plus rasio kompresi sedang 6,8 : 1. . . Pada bagian sistem penyuplai BBM, Tiara 120 S menggunakan Karburator buatan Mikuni yang diberi label VM22SS yang mampu mengawal kinerja mesin Tiara 120 S dengan apik. . . Hasilnya, Tiara 120 S mampu memuntahkan output power hingga 17 PS dan torsi maksimum 15,5 N.m

AYAGO HONDA

Honda Nova S (kopling otomatis sentrifugal).

Honda Nova RS kopling manual

Lihat Roda depan, dengan model jenjang khas shockbreker teleskopik dibagian haluan telah memberikan kesan macho bukan? belum lagi fitur disk brake yang tertanam diroda depan juga, hanya motor yang bercita rasa powerfull lah yang layak mendapatkannya.tahun 80’an awal, fitur-fitur semacam ini masih jarang didapati pada motor-motor bebek konvensional. Ini hebat

Honda Nova RS (kopling manual & close ratio), varian tertinggi kasta Nova.

Honda Nova RS3

Mesin tegak 105cc 2 tak telah tertanam sempurna diproduk tersebut, siap untuk melahap konsumsi bahan bakar anda dengan rakusnya. Ya…tahun 1985 adalah tonggak lahirnya embrio bebek eksotis 2 tak saat itu, Honda Nova series.Kubikasi 105,1cc yang mempunyai bore x stroke 52 x 49.5mm sudah menyiratkan bahwa motor bisa digeber kencang. Belum lagi kompresi yang dipunyainya, dengan perbandingan 6.5:1, waktu itu bisa dikatakan sebagai yang terpadat dikelasnya. Kesan bukan motor bebek biasa juga terselip lewat power nya yang tercatat 11.8 daya kuda pada 11.000rpm.

Honda Sonic 125

Honda sonic 125

Mesin 4 langkah berpendingin cairan, berkapasitas 124.7cc, SOHC, 2 valve, Bore x Stroke adalah 58 x 47.2 mm, berkompresi 11:1, transmisi mengaplikasikan 5 percepatan, kopling manual, setang clip-on, Kapasitas tangki bahan bakar 4.2lt, shockbreker belakang monoshock dan depan teleskopik, berpenghenti laju disk brake depan dual piston belakang single piston, menggunakan roda berdiameter 17″-60/100 depan dan 17″-80/90 belakang, cast wheel, aki kering, dilengkapi elektrik stater, plus berat total motor 102.0kg…membuat motor ini mampu digeber dengan kecepatan maksimal sampai dengan 130 kph.

AYAGO KAWASAKI

Kawasaki Leo 120

kawasaki leo

Kawaski Leo adalah ayago yang diproduksi pertama kali oleh pabrikan kawasaki. Kawasaki Leo 120 cc produksi asli Malaysia, masuk ke Indonesia melalui Impor, motor ini sangat langka di Indonesia tapi banyak terdapat di greece, malay, thailand, vietnam dan philipina
Spesifikasinya

Max power: 12.5 kW @ 9,000 rpm
Max torque: 14.1 N-m @ 8,000 rpm
Engine type: 2-stroke single-cylinder, air-cooled
Displacement: 118 cc
Bore x stroke: 54 x 51.8 mm
Compression ratio: 7.3:1
Fuel tank capacity: 4.6 L
Dry weight: 98 kg
Transmission: 6-speed manual
Max speed: About 185 km/h[85 mph]

Kawasaki Athlete

kawaski atlethe

Kawasaki Athlete adalah motor bebek sport hasil desain inovatif Kawasaki yang merupakan puncak dari motor bebek. Teknologi 125cc Power Engine dan Front Fuel Tank merupakan fitur unggulan Kawasaki juga menyertai produk ini. Ditambah fitur Horizontal Bottomlink Unitrak Monoshock System

AYAGO SUZUKI

Suzuki RC 100 Sprinter.

Suzuki RC 100 Sprinter

Motor yang lahir di tahun 1982 dengan mesin 2 tak 100 cc bisa dikatakan Suzuki salah satu yang tertua dalam mengeluarkan produk sejenis. Tengok saja Suzuki Sprinter yang pernah nge’pop diera akhir 80′an lampau. Merupakan bukti bahwa salah satu pabrikan The Big Four Jepang yang duluan pernah menggelontorkan sepeda motor jenis cub model ayago.

Suzuki Akira RU 120.

Suzuki Akira RU 120

Suzuki Akira RU 120, keluar hanya dibeberapa negara terbatas. Untuk wilayah Asean sendiri, tercatat hanya publik Vietnam lah yang berkesempatan merasakan sensasi motor ini. 2 tak, motor ini memang mengambil basis mesin dari Suzuki Satria 120 S (non kopling + 5 percepatan)

Suzuki Stinger 120.

Suzuki Stinger 120 b

Dengan mengambil basis mesin dari Satria 120 RU yang dipersenjatai mesin tegak 120cc 2 stroke, serta mengadopsi 6 percepatan, siapa sich yang tidak tergoda untuk memilikinya?

Suzuki Raider 125.

Suzuki Raider 125

Memasuki era millenium baru, kini pabrikan Suzuki yang bermarkas di Thailand melakukan inovasi baru. Setelah kesuksesan produk FX 125′nya, pihak pabrikan membuat terobosan dengan memperbaiki performa serta style design dari Suzuki FX 125. Suzuki Raider 125, merupakan jawaban dari antusiasme panjang para penikmat motor cepat dinegeri Gajah Putih. Dengan mengandalkan model ayago, Raider 125 nampak berlenggang asik dikelas bebek hyper undebone waktu itu. Masih sama seperti sang kakak, motor ini dipersenjatai dengan teknologi mesin DOHC bermesin 4 langkah.

Suzuki RK-Cool 110.

Suzuki RK-Cool 110

Sekitar Awal tahun 2000, dominasi motor 2 stroke memang berada pada ambang kegalauan, hal ini juga berimbas pada motor-motor berkubikasi kecil yang mengadopsi mesin 2 langkah. Untuk menetralisir kondisi tersebut, pihak pabrikan Suzuki Thailand kembali merilis saudara kembar Raider 125, yakni RK-Cool 110. Walaupun memiliki model yang bisa dibilang bak pinang dibelah dua, tapi teknologi mesin yang diusung pada RK-Cool jauh berbeda. Dengan dipersenjatai mesin 2 langkah, motor ini merupakan generasi terakhir dari bebek hyper underbone bergaya ayago dikelas yang sama. Karena setelahnya, motor-motor bermesin 2 langkah dari pabrikan Suzuki dilakukan stop produksi, berganti dengan teknologi ramah lingkungan, yakni 4 langkah.

Suzuki Raider J 110.

suzuki raider j 110

Untuk memenuhi kebutuhan pecinta ayago di kelas masyarakat ekonomi bawah, Seperti biasa, pabrikan Suzuki seolah tidak miskin inovasi. Sekarang giliran negara tetangga Thailand yakni Philipina. Melakukan bombardir produk kepasar low end publik domestik. Suzuki Raider J 110, merupakan jawaban produsen atas permintaan kelas bawah, Mengambil basis mesin dari motor Suzuki Smash 110, Raider J 110 memberikan ruang bagi masyarakat bawah untuk memiliki varian terbawah dari kasta ayago hyper underbone Suzuki.

Suzuki Raider R 150.

Suzuki Raider R 150

Inilah motor yang menjadi basis Satria FU 150, dimana dari segi mesin hanya melakukan upgrade sedikit, namun power tetap utama, dengan kelahiran Suzuki raider R 150 ini, terlihat bahwa Inovasi tanpa henti Suzuki terlihat, akhirnya menggebrak di tanah air dengan penerus Suzuki raider R 150 menjadi Satria FU 150, dan mulailah Satria F ini menjadi idola pencinta motor ayago di Indonesia, seakan akan Satria adalah satu satunya motor Ayago yang ada di Indonesia.

Suzuki Satria F 150

satria f

Satria F150 Hyper Underbone mengandalkan teknologi Suzuki yang menggunakan mesin DOHC, 4-valve, 4-stroke serta silinder mesin 150cc yang juga mendukung sistem pendingin (radioator) yang disempurnakan dan juga ber-transmisi 6 kecepatan.
Beberapa spesifikasi Satria F150 yang wajib anda tahu diantaranya; berat motor 95 Kg, mesin 4 tak 150cc karburator dan berpendingin radiator, transmisi menggunakan kopling dengan 6 kecepatan, rem double cakram, tangki bahan bakar 4.9 liter, oli mesin 1 liter, kelistrikan CDI.

Naah, sekarang ini mulailah ada penantangnya, Honda dikabarkan kembali akan memproduksi ayago menggantikan CS1 yang kurang laku dipasaran bernama Honda K56A, apakah kedepan eksistensi dari satria F ini aman aman saja. Masih menunggu.

Naah Brosis sekalian semoga kisah motor motor ayago dari berbagai produsen motor jepang, ini berguna untuk menambah wawasan brosis.

Iklan

Komentar»

1. MOTOR AYAM JAGO ITU SEJATINYA WUJUDNYA DISAMAKAN DENGAN KEPALA YANG KECIL | DIOARDI-Blog - 7 Agustus 2015

[…] anda tengok ulasan artikel motor ayago dari masa ke masa lihat wujud dari ayago tersebut, sebenarnya atau sejatinya demikian, karena perkembangan tekhnologi […]


Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: