OGOH OGOH , BONEKA RAKSASA BERWUJUD SEREEM DAN ANGKER

ogoh ogoh 2

DIOARDI-Blog. Menyambut Hari Raya Nyepi khusus yang berada di pulau Bali dan Lombok seperti biasa diadakan pawai ogoh ogoh, sangat seru, bahkan umat selain umat hindu berpartisipasi dalam pawai ogoh ogoh ini, dalam arti kebersamaan dan keceriaan, alhasil pawai ogoh ogoh ini mengundang penonton yang banyak sekali untuk berdatangan, baik itu warga sekitar diadakannya pawai , wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara juga ikut menonton dan mengabadikan pawai ogoh ogoh ini, karena acara ini biasanya berlangsung hanya setahun sekali, sangat seru memang, bahkan bisa sampai larut malam. Ogoh ogoh adalah patung raksasa yang berwujud buta kala / setan yang berwajah seram yang dilambangkan sering mengganggu umat manusia. Peserta pawai ogoh ogoh biasanya dari kalangan muda, setiap group biasanya mengecat atau menyemir rambutnya menjadi keemasan, atau kemerahan, dan kostum dirancang oleh mereka sendiri dilengkapi dengan memakai kain dan sepatu.

Pelaksanaan ritual ngrupuk dan pawai ogoh-ogoh berlangsung serempak sehari menjelang Hari Raya Nyepi atau tilem sasih kesanga di setiap banjar di seluruh Bali. Persiapan pawai biasanya telah dimulai sejak sore dan pawai akan berlangsung hingga menjelang tengah malam.Ogoh-ogoh merupakan cerminan sifat-sifat negatif pada diri manusia: adharma svarupa; sehingga pawainya dilaksanakan di berbagai lokasi di sekitar banjar atau desa, yang melewati jalan-jalan utama sehingga tampak oleh semua warga banjar yang memiliki suatu makna tersendiri. Kehidupan selalu memiliki elemen yang positif maupun negatif, hal ini selalu ada di dalam diri manusia, dan jika kita bijaksana untuk bersedia melihatnya, kita tidak akan menyangkalnya. Ogoh-ogoh yang dibangun bersama secara swadaya oleh masyarakat banjar, secara implisit, memberikan ide bagi kita semua untuk bersedia melihat sifat-sifat negatif dalam diri kita, bahwa hal itu bukanlah hal yang harus ditakuti, namun untuk kita lihat dan amati bersama, sehingga kita dapat memahaminya.
Selain itu ogoh-ogoh diarak keliling desa atau kota bertujuan agar setan-setan yang ada di sekitar desa agar ikut bersama ogoh-ogoh, karena setan setan tersebut menganggap bahwa ogoh-ogoh tersebut merupakan rumah mereka dan kemudian ikut di bakar.minum minuman keras tradisional khas bali yang di namai arak subelum mengarak ogoh-ogoh dengan cara diangkat.mabuk karena minum arak di bali bukan sesuatu yang dilarang di bali karena kebiasaan minum itu adalah kebiasaan setan dilambangkan dengan Batara Kala. Dalam sehari hari biasa dikenal dengan butha kala, yang sering mengganggu manusia, filosofisnya ogoh ogoh ini merupakan gambaran wujud butha kala dan setan itu harus ditempatkan di komunitas mereka agar tidak mengganggu manusia.

Ogoh-ogoh sendiri memiliki peranan sebagai simbol atau pemvisualisasian prosesi penetralisiran kekuatan-kekuatan negatif atau kekuatan Bhuta (kekuatan alam). Dimana ogoh-ogoh yang dibuat pada perayaan Nyepi ini merupakan perwujudan Bhuta kala yakni unsur alam yang terdiri dari air, api, cahaya, tanah, dan udara yang divisualkan dalam wujud yang menyeramkan dan bentuknya yang sangat besar, karena jika kekuatan alam itu berlebihan tentunya akan menjadi kekuatan yang merusak dan menyeramkan, ogoh-ogoh yang dibuat siang malam oleh sejumlah warga banjar itu harus ditampilkan dengan landasan konsep seni budaya yang tinggi dan dijiwai agama Hindu.

Pada awal mula ogoh-ogoh dibuat dari rangka kayu dan bambu sederhana, rangka tersebut dibentuk lalu dibungkus kertas. Pada perkembangan jaman yang maju pesat ogoh-ogoh pun terimbas dampaknya, ogoh-ogoh makin berinovasi, ogoh-ogoh dibuat dengan rangka dari besi yang dirangkaikan dengan bambu yang dianyam, pembungkus bodi ogoh-ogoh pun di ganti dengan gabus atau stereofoam dengan teknik pengecatan. Tema ogoh-ogoh pun semakin berfariasi, dari tema pewayangan, modern, porno sampai politik yang tidak mencerminkan makna agama. Tema ogoh-ogoh yang diharapkan adalah sesuai dengan nilai agama Hindu yaitu tidak terlepas dari Tuhan, Manusia dan Buta Kala sebagai penyeimbang hubugan ketiganya.

Sekian semoga berguna

Galeri Ogoh Ogoh

ogoh ogoh 7 ogoh ogoh 3 ogoh ogoh 4 ogoh ogoh 5 ogoh ogoh 6 ogoh ogoh 1

sumber : google

Iklan

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s