PERMAINAN SALES YANG BERUSAHA MENGGODA KONSUMEN AGAR MAU BELI KENDARAAN SECARA MENGANGSUR

sales-motor-honda

DIOARDI-Blog. Langsung aja ya brosis, untuk mendapatkan keuntungan yang sebanyak banyaknya akhirnya sales kendaraan berusaha untuk mengeruk keuntungan sebesar besarnya, sebuah fakta mencengangkan kita semua walaupun kejadian ini sering ditemui, ada baiknya juga diketahui bahwa untuk kasus yang satu ini sangat berdampak bagi konsumen dan produsen kendaraan tersebut, dari sisi produsen permainan sales yang demikian berdampak jangka panjang bagi kuantitas penjualan karena di pihak konsumen yang menginginkan beli kas akhirnya berpaling, dari sisi konsumen sendiri, maka alhasil konsumen terkena  biaya tinggi, yaitu membayar uang ciilan yang kalau ditotal jauh melampaui harga kendaraan yang dijual tersebut. Apapun itu dari segi produsen dan konsumen tetap rugi, dan bagi pribadi si sales itu menguntungkannya tanpa memikirkan dampak umumnya. Artikel ini bukan bermaksud menjelekkan profesi sales, namun inilah fakta yang tidak bisa kita abaikan. Bagi para konsumen yang menginginkan kendaraan baru tentunya harus berpikir untuk ambil kas atau kredit dan sudah dewasa dalam mengambil keputusan.

 

Nah brosis, baru baru ini diungkap oleh KompasOtomotif mendapatkan pengakuan dari salah seorang tenaga penjual dari dealer resmi salah satu merek sepeda motor di Depok, Jawa Barat. Menurut,, sebut saja Abi,,,,besaran insentif dari leasing memang cukup menggoda. Bentuknya macam-macam, tapi paling banyak pemotongan uang muka.

sales-motor-yamaha

”Besarannya macam-macam, tapi semakin besar DP (uang muka), biasanya semakin besar refund. Misalnya, DP Rp 2 juta, yang disetor ke leasing bisa separuhnya. Sisanya buat sales atau dealer. Kalau DP Rp 500 ribu, insentifnya juga kecil. Itu kesepakatan saja sama leasing,” beber Abi.

Menariknya, Abi juga mengindikasikan ada ”permainan” antara tenaga penjual dengan petugas dari leasing. Keuntungan dari insentif bisa dibagi-bagi sesuai kesepakatan bersama.

”Ada lagi yang bikin sales semangat, ada leasing yang bikin lomba penjualan. Kalau masuk kriteria dapat tambahan uang atau hadiah lain,” ungkap Abi.

Keuntungan itu belum termasuk beberapa kasus bagi-bagi keuntungan dari asuransi. Soal ini, ada rumus tersendiri untuk menentukan besaran insentif.

Intinya, jumlah subsidi, atau insentif, atau refund bisa berbeda-beda bergantung daerah dan kesepakatan antara tenaga penjual dengan dealer dan leasing. Perbedaan besaran insentif juga bergantung tipe sepeda motor yang akan dibeli.

Perlu dicatat, fenomena ini tak hanya marak di dunia jual-beli sepeda motor. Sales mobil juga banyak yang memanfaatkan refund dari leasing sebagai senjata untuk menggoda konsumen agar mau beli secara mengangsur. Okey brosis semoga berguna.

Sumber referensi :   http://otomotif.kompas.com

Iklan

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s