RHODIUM, PALADIUM DAN PLATINUM ADALAH LOGAM MAHAL YANG DISEMATKAN PADA KNALPOT YAMAHA VIXION ADVANCE EURO III

DIOARDI-Blog. Seperti yang dijabarkan dalam laman Otosia.com dengan mesin yang sama dibanding V-ixion sebelumnya, tenaganya tetap 12,2 kW atau setara dengan 16,59 hp. Dengan adanya Euro III tidak ada perubahan (tenaga). Sebenarnya waktu akan ada Vixion sudah dirancang Euro III, dan di dalamnya sudah ada honeycomb, tetapi belum dilapisi dengan tiga komponen (bahan kimia), rhodium, paladium, dan platinum. Ini komponen yang sangat mahal,” ujar M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Apa fungsi tiga logam mahal itu? Menurut Abidin, ketiganya berperan dalam memproses tiga zat kimia yang sebisa mungkin dikadarkan sekecil mungkin menurut standar Euro III.

“Kita tahu bahwa keluaran dari pembakaran bahan bakar ada tiga. Ada hidrokarbon (HC). Yang kedua, hasil pembakaran, keluar CO (karbon monoksida), dan NOx (nitrogen oksida). Tiga hal ini kalau sudah melewati tiga logam tadi di honeycomb atau sarang tawon di bagian knalpot itu akan cepat membara sehingga ketika HC, CO, dan NOx lewat sana, membara, yang tersisa adalah air dan debu,” urainya.

Abidin mengatakan bahwa honeycomb sebenarnya sudah tersedia pada tipe Lightning sehingga Yamaha tinggal melapisi saja bagian itu dengan tiga komponen rhodium, paladium, dan platinum.

“Ini mahal loh komponen ini. Jadi knalpotnya dalam satu batang, yang mahal itunya (tiga logam tersebut,” tambahnya.

Keberadaan tiga logam itu serta-merta menurunkan kadar HC, CO, dan nitrogen oksida. Menurut standar Euro III kadar CO 2,0; HC 0,8; dan NOx 0,15. Sementara itu, New Vision Advance mengeluarkan CO 1,07; HC 0,2; dan NOx 0,09

gambar vixion advance

Iklan

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s