TEKNOLOGI ANGLE SENSOR PADA MOTOR MENJAMIN MESIN MOTOR MATI SAAT TERJATUH

DIOARDI-Blog. Halo sobat semua, artikel ini hanya sebagai pengingat saja, siapa tau ada yang belum tahu. Bagi para biker yang masih belum mengerti, kenapa motor saat terjatuh bisa mati total, yah karena adanya suatu alat yang ditanamkan bernama angle sensor. Jadi ada sebagian biker menganggap motor yang terjatuh dan mati karena kerusakan mesin, hal demikian tidaklah benar, perlu kita ketahui, sejak era motor injeksi, baik itu skuter matik atau sport atau motor supersport sekalipun telah lama menerapkan teknologi ini, dan sangat membantu rider apabila terjatuh atau kecelakaan karena mesin akan mati seketika. hal ini dimaksudkan agar si pengendara tidak mengalami cedera karena mesin terus menerus berputar. Angle sensor merupakan syarat keamanan saat ini bagi sepeda motor yang akan dipasarkan.

Penggunaan sensor pada saat motor Injeksi yang mengalami kemiringan ekstrim ketika jatuh memungkinkan mesin akan berhenti bekerja atau mati secara otomatis. Penggunaan sensor ini menjamin keamanan untuk pengendaranya karena roda motor akan berhenti berputar alhasil cedera pada rider akan diminimalisir.

Teknologi Angle Sensor ini berfungsi berdasarkan sensor sudut kemiringan. Umumnya, sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi dilengkapi dengan angle sensor. Tujuannya sebagai pengaman pada saat sepeda motor terjatuh.

sensor

Sistem kerja sensor ini, pada saat sepeda motor terjatuh dengan sudut kemiringan 55 derajat atau lebih selama minimal lima detik, angle sensor akan mengirimkan informasi ke ECM/ECU untuk menghentikan kinerja dari fuel pump, injector, dan ignition oil sehingga mesin menjadi mati.

Namun jangan khawatir, hal tersebut tidak belaku ketika sepeda motor menikung, meski dengan sudut kemiringan yang sama. Hal itu tidak terjadi karena ada gaya sentrifugal pada saat menikung. Hal ini menyebabkan sudut kemiringan pada BAS tidak sama dengan sudut kemiringan saat sepeda motor terjatuh. Dengan demikian, mesin tetap hidup.

Penamaan teknologi ini berbeda di tiap merek. Honda misalnya menyebutnya Bank Angle Sensor (BAS), Yamaha menggunakan Lean Angle Sensor, sedangkan sensor kemiringan yang digunakan pada sepeda motor Suzuki disebut Tip Over.

Demikian share artikel kali ini semoga informasi ringan ini berguna bagi sobat semua.

Iklan

4 tanggapan untuk “TEKNOLOGI ANGLE SENSOR PADA MOTOR MENJAMIN MESIN MOTOR MATI SAAT TERJATUH

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s