DENGAN TRANSCEIVER BLUETOOTH INDEPENDENT PAKAI HANDPHONE MENJADI LEGAL DI PRANCIS, BISA GAK DIPAKAI DI INDONESIA?


DIOARDI-Blog. Menggunakan ponsel saat berkendara dapat dikenakan sanksi hukum. Peraturan ini dibuat karena banyaknya kecelakaan lalu-lintas akibat penggunaan HP saat berkendara. Kecelakaan tersebut dipicu karena asiknya memainkan HP saat berkendara mobil atau motor sehingga tidak berkonsentrasi, alhasil sedikit saja lalai maka terjadilah kecelakaan.

Penggunaan HP saat mengemudi, tidak diatur dalam UU No 22 Tahun 2009. Tapi, bagi pengendara yang menggunakan HP bisa dijerat pasal 106 ayat 1 tentang pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi. Sanksi terhadap pelanggaran pasal tersebut diatur dalam pasal 283, dengan denda maksimal Rp750 ribu dan kurungan 3 bulan.

Namun di Perancis ada aturan baru yang justru berbanding terbalik dengan kebijakan keamanan berkendara di banyak negara. Penggunaan HP saat berkendara mulai bulan Juli ini tak lagi dilarang. Peraturan ini melegalkan penggunaan HP baik di mobil atau pun sepeda motor.

Tapi, untuk bisa menggunakan HP sambil berkendara, harus dengan persyaratan dan kondisi tertentu. Khusus bagi pengendara sepeda motor, pakai HP saat berkendara harus menggunakan Transceiver Bluetooth independen, tanpa menggunakan kabel yang terurai. Jika melanggar akan didenda sebesar USD150 (sekitar Rp2 juta), serta poin ijin mengemudi akan dikurangi.

Dengan adanya peraturan ini, para produsen helm seperti Cardo, Senna, Shark, Nolan, dan Schubert, berlomba-lomba untuk mengembangkan interkom/sistem yang terpasang di helm.

Jika brosis berminat,,, ada koq produk aftermarketnya dipasaran tinggal dibeli saja yang penting ada duit.yaitu seperangkat alat Bluetooth Headset + Intercom Kit untuk Helm. harga sekitar Rp.700.000, Dapat berfungsi sebagai headset untuk Handphone (HP) dan dilengkapi dengan Bluetooth Intercom. Intercom dapat dipergunakan hingga 3 user/rider max jarak 500meter.Mudah dipasang di semua jenis helm (Open Face/Half Face dan Full Face). Battery Recharge able, 4 jam selama perjalanan
Adapun KIt tersebut berisi

  1. Bluetooth Unit (BIM)
  2. Headset (earphone + microphone) dengan perekat 3M dan Velcro
  3. Charger + kabel
  4. Mounting Unit (clip bracket / screw)
  5. Mounting unit (perekat 3M)
  6. Buku Manual

Nah bro semua apakah tertarik, bila anda penyuka turing sebaiknya anda membekali diri anda dengan kit ini, jika ada teman dalam group anda sama sama memiliki sehingga komunikasi selancar angin, wuussz wuussz.. Semoga berguna.

Iklan

Satu tanggapan untuk “DENGAN TRANSCEIVER BLUETOOTH INDEPENDENT PAKAI HANDPHONE MENJADI LEGAL DI PRANCIS, BISA GAK DIPAKAI DI INDONESIA?

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s