MOTOR AYAM JAGO ITU SEJATINYA WUJUDNYA DISAMAKAN DENGAN KEPALA YANG KECIL

DIOARDI-Blog. Halo sobat semua pecinta otomotif, ini hanya opini penulis saja, sebagai pemerhati motor kususnya motor ayam jago. Seperti diketahui, pekan ini  produk andalan Honda yaitu New Sonic 150R sudah meluncur, tinggal siap dikonsumsi oleh konsumen di Indonesia, Sejatinya konsep ayam jago itu adalah penamaan di Indonesia, dan di luar sana dinamakan moped sport, atau bebek super, hanya wujudnya menyerupai ayam jago, bisa disebut demikian karena kiasan bahasa atau julukan motor ini yang ada pada kala itu kira kira tahun 80-an, dimana sebagai penyandang predikat pelopor ayam jago di Indonesia masih dipegang Suzuki yang cukup sukses dengan RC Sprinter pada 1988, yang kemudian diikuti Yamaha dengan Champ setahun setelahnya. Padahal diluar negeri sudah ada Honda dengan ayam jagonya yaitu Honda CT90, yang hidup di kisaran 1966 hingga 1979. Inilah ”mbahnya” model bebek sport Honda yang tak sempat mampir ke Indonesia. Beda dengan suzuki dan yamaha, adalah Ayam jagonya diproduksi lokal untuk suzuki RC Sprinter yang kas dan Yamaha adalah Yamaha Camp dengan buntut yamaha Alfa bermesin 2 Tak.

yamaha camp

Suzuki RC 100 Sprinter

Kalau dilihat dari wujudnya era motor ayago awal adalah berbody langsing dengan headlamp yang mungil, hampir semua pabrikan memproduksi wujud yang demikian bahkan sekilas ada kemiripan diantaranya, cuman pada masa itu Ayago di masyarakat umum belum begitu membahana seperti sekarang ini, karena  di masyarakat  melekat nama motor bebek biasa saja. Lagi lagi motor adalah tergolong barang mewah, tidak semua kalangan masyarakat sanggup membelinya.

Coba anda tengok ulasan artikel motor ayago dari masa ke masa lihat wujud dari ayago tersebut, sebenarnya atau sejatinya demikian, karena perkembangan tekhnologi digital dan lighting maka wujud motor umumnya mengikuti zaman, tapi menurut opini penulis bahwa ayago itu kalau proporsional harus berbody langsing, baik head dan tail. jadi citra kencang pada motor ini akan terlihat, coba kalau kita lihat new sonic 150R ini dimana pembungkus body baik headlamp ataupun stoplampnya terlalu besar, sehingga citra yang dihasilkan terlihat kedodoran dan kurang proporsional, itu hanya opini  pribadi, jangan dianggap negatif, lah model itu tergantung selera saja.  Coba tengok Sonic yang dulu dan New Sonic 150R tampak siapa yang terlihat sebagai the real sport moped, Nah menurutmu gimana bro, kalau penulis lebih senang lihat ayago seperti sonic 125, slim dan bercitra kencang. kelihatan simple dipakai dan enak dipandang. pakai ban cacingpun asik punya, soale penulis pernah punya tuh sonic 125, hanya pada waktu itu sonic 125 sudah dijual untuk biaya sekolah dan lain lain.

Jadi Sejatinya wujudnya motor Ayago itu disamakan dengan kepala yang kecil seperti ini

Oke semoga artikel ini berguna, salam satu aspal. Salam Ayago, Ayago is the best.

Iklan

2 tanggapan untuk “MOTOR AYAM JAGO ITU SEJATINYA WUJUDNYA DISAMAKAN DENGAN KEPALA YANG KECIL

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s