KISAH LOGO GARPUTALA PADA MOTOR YAMAHA

yamaha logo

DIOARDI-Blog. Setelah mengungkap  kisah logo sayap mengepak pada motor Honda, kini kita perlu beralih menengok kebelakang apa sih sebenarnya arti dan kisah dari logo garputala tersebut, mungkin sobat semua banyak yang masih bingung dengan logo yamaha ini, walaupun kita tahu garputala adalah suatu alat yang mungkin tidak pernah kita temui saat ini. Namun begitu kisah tentang logo ini perlu menjadi referensi dan wawasan bagaimana sampai dipakainya logo tersebut, sedangkan kita tahu di empat besar pabrikan motor jepang seperti kawasaki dan suzuki, logo hanya memakai  hurup depan merk saja. Memang aneh dan begitu khas antara honda dan yamaha ini untuk dibahas, karena keduanya sampai saat ini merupakan dua pabrikan yang selalu berkompetisi begitu seru. Nah kita lanjut kisahnya:

Yamaha Corporation adalah sebuah perusahaan Jepang dengan jumlah produk yang banyak. Penjualan termasuk sepeda motor,alat  instrumen musik, sirkuit terpadu, dan elektronik rumah tangga. Perusahaan ini didirikan oleh Torakusu Yamaha sebagai Nippon Gakki Co., Ltd. di Hamamatsu, prefektur Shizuoka. Yamaha mengambil alih Korg pada 1989 dan Steinberg pada 2004.

Produknya yaitu Sepeda motor (Yamaha Motor Corporation), ATV,Kart, Snowmobile,Perahu Motor dan Jetski, Mobil, Piano,Workstation, Digital Piano,Elekton organ elektronik,Synthesizer,Gitar,Drum kit,Band dan instrumen orkestra,Music sequencer,Sound chips,Pro Audio,Home Electronics.

Logo garputala disana ada 3 garpu, Jadi masing-masing warna itu melambangkan 1 garputala, jadi logo yamaha itu bukan huruf “Y”, roda, atau yang lainnya. Nah arti garpu tala itu apaan, “Garpu tala adalah alat yang berbentuk seperti garpu bergigi dua (atau berbentuk huruf Y) dan beresonansi pada frekuensi tertentu bila dihentakkan pada suatu benda. Garpu tala hanya bergetar pada satu frekuensi, misalnya nada a’ dengan frekuensi 440 Hertz. Karena frekuensi ini tetap, garpu tala biasanya digunakan untuk menala alat musik lain, seperti gitar dan piano.”
Berarti kesimpulannya garpu tala itu alat buat stem. Mungkin sekarang sobat semua udah pada jarang liat garpu tala, soalnya sekarang udah ada yang lebih canggih, chromatic tuner yang ada mentronomenya itu lho.

Dari uraian itu sebenarnya tidak salah Yamaha corporation memberikan logo dengan lambang 3 garputala, karena asal mula dan cikal bakal dari perusahaan sebenarnya adalah pencipta alat musik, dimana alat musik tersebut supaya terdengar sesuai dan merdu perlu stem atau setelan  khusus agar suara yang dihasilkan dari alat musik sesuai dengan nada yang diharapkan, dan alat yang dulu dipakai adalah salah satunya garpu tala ini, karena dinilai pada masa itu garpu tala dapat menjadi stem suara untuk suara gitar atau piano yang akan diciptakan sehingga menghasilkan nada yang sesuai, terbaik dan indah. Atas dasar filosofi pengukuran suara tersebut diterjemahkanlah bahasa musik tersebut kedalam bahasa produk buatan yamaha tak terkecuali untuk motor atau kendaraan, diharapkan produksi kendaraan motornya seakurat dan sedetail penyetelan alat musik secara presisi.

Yamaha memegang prinsip filosofi Kando. Telah lebih dari seabad filosofi itu dipraktekan dalam keahlian membuat alat musik yang tak tertandingi. Pada pertengahan abad ke-20, filosofi itu dipakai saat Yamaha membuat sepeda motor. Itu sebabnya, ketika Yamaha memproduki motor, perusahaan ini tetap menggunakan logo 3 garpu tala, logo yang sudah Yamaha gunakan saat membuat piano. Garpu tala elemen penting dalam proses pembuatan piano. Benda ini digunakan untuk menyetel nada pada piano.

Nah gamblang kan kenapa yamaha pakai logo garputala gak yang lainnya, karena didasari filosofi dan sejarah perusahaan yang bermula pada alat musik maka sampai saat ini kita hanya mengenal logo yamaha yaitu bergambar garputala.

REFERENSI LAIN TENTANG LOGO YAMAHA 

Pada tahun 1898, lambang pertama Nippon Gakki adalah phoenix Cina memegang dalam paruh garpu tala. Disebut Ho-Oh dalam bahasa Jepang, ini simbol burung legendaris kebajikan dan rahmat juga mengekspresikan penyatuan yin dan yang. Tampaknya pada organ kualitas yang sangat tinggi, simbol kehendak Torakusu Yamaha untuk menciptakan produk kelas dunia.

Yamaha Veneer (1927)
Simbol yang dipilih pada tahun 1927 mencakup tiga garpu tala dan nama “Yamaha veneer”, dibaca dari kanan ke kiri, yang kemudian diterjemahkan menjadi “veneer kayu” atau “plywood” bahan yang digunakan dalam kemewahan kabinet. Puluhan tahun kemudian, istilah “veener” juga merupakan nama yang diberikan untuk gigi palsu, yang tidak memiliki kekurangan garam ketika Anda tahu bahwa Yamaha-san adalah perbaikan pertama dari perangkat medis. Tiga garpu tala mewakili tiga arah – manufaktur, pemasaran dan teknologi – perusahaan set untuk mencapai keunggulan. Mereka juga berarti tiga unsur penting musik: melodi, harmoni, dan ritme.

Piano Yamaha (1934)
Nippon Gakki ingin diakui sebagai produsen piano berkualitas tinggi, dan perusahaan tidak ragu-ragu untuk membuat laboratorium akustik pertama di dunia untuk melakukan tes di pabrik. Logo menggabungkan piano pada tahun 1934, nama pendiri dan garpu tala muncul dalam iklan dan katalog.

Logo untuk organ (1937)
Pada tahun 1937, tahun yang menandai awal Perang Sino-Jepang Kedua, Nippon Gakki mengalikan perubahan ditempelkan organ lambang nya, piano dan instrumen lainnya.

Logo (1955)
The YA-1, sepeda motor Yamaha pertama pada tahun 1955, sudah menyandang lambang merek seperti yang kita kenal sekarang, tetapi dalam warna yang berbeda (lingkaran hitam dan putih atau merah dan garpu putih). Ini adalah tahun penciptaan Yamaha Motor Co, Ltd.

Nippon Gakki (1956)
Pada tahun 1956, logo yang paling kompleks menunjukkan kata “Nichigaku Tokusen” yang diterjemahkan sebagai “pilihan khusus Nippon Gakki”.

Logo (1960)
Pada tahun 1960, Nippon Gakki Yamaha International Corporation menciptakan YIC) di Los Angeles yang akan bertanggung jawab untuk mendistribusikan sepeda motor Yamaha. Lambang, yang ditemukan pada gambar dari upacara pembukaan, adalah arus Yamaha Corporation, jika seseorang mengabaikan warna.

Yamaha Corporation (1987)
Desain dari tiga garpu yang terkandung dalam lingkaran adalah standar dan dikombinasikan lagi dalam nama pendirinya pada tahun 1967. Lambang Perusahaan Yamaha berubah lagi pada tahun 1980 (lingkaran adalah garis melawan dua sebelumnya), kemudian pada tahun 1987. Pada tanggal 1 Oktober, Nippon Gakki Co, Ltd. merayakan 100 tahun melakukan distribusi alat musik dan membayar upeti kepada pendiri. Ini menjadi Yamaha Corporation Ltd. tiga garpu dan kemudian menghilang meninggalkan tempat nama itu.

Logo Yamaha Biru

Iklan

4 tanggapan untuk “KISAH LOGO GARPUTALA PADA MOTOR YAMAHA

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s