MENCEGAH INSIDEN PECAH BAN DI JALANAN SEBAIKNYA BROSIS MELENGKAPI KEDUA ALAT INI DI KENDARAAN UNTUK ANTISIPASI

pompa_kaki_240312180304_ll.jpg

DIOARDI-Blog. Bagi Brosis yang senang turing atau bepergian jauh ada baiknya memiliki alat pengukur tekanan angin dan pompa mini. Adapun manfaat kedua alat ini sangatlah penting untuk menjaga kestabilan kendaraan kita saat berjalan yaitu dengan tekanan angin yang pas maka kestabilan berkendara didapat, fungsi lainnya adalah untuk jaga jaga seandainya kita berada jauh dari tempat tukang tambal ban ataupun bengkel. Untuk sementara ban bisa kita kompa dahulu lalu kendaraan digeber mencari bengkel. Tapi bila brosis mau menambal sendiri ban yang bocor, itu namanya cerita lain.

Alat Ukur Tekanan Angin Untuk Ban

Kurangnya tekanan angin adalah penyebab utama kasus pecah ban, maka ada baiknya melengkapi kendaraan Anda dengan alat pengukur tekanan ban (tyre pressure gauge). Alat ini cukup penting karena kita tak bisa memastikan tekanan angin yang sesuai dan ideal dengan hanya melihat dari bentuk fisik ban.

Apalagi jika motor Anda memiliki kondisi kaki-kaki yang sangat sensitif. Pada kendaraan seperti itu, perbedaan tekanan sebesar 3-5 psi pada sumbu depan mampu membuat kendaraan cenderung limbung. Biasanya kasus seperti itu ditemui pada motor yang telah mengalami penggantian velek dan ban dengan ukuran di atas standar dan umumnya pengendara mencurigai adanya penyimpangan keselarasan roda/spooring. Padahal jika kita memiliki sendiri alat pengukur tekanan ban, kita akan segera tahu penyebabnya.

30-1-mengukur_tekanan1

Selain itu, para penambal ban pinggir jalan juga belum tentu memiliki alat ukur yang akurat. Setelah Anda menambah angin di pinggir jalan, Anda bisa menyeting ulang dan menyesuaikan tekanan anginnya sesuai dengan standar pada alat ukur Anda tadi.

Pompa kaki atau kompresor mini

Selain alat pengukur tekanan angin, tidak ada salahnya juga memiliki kompresor mini bertenaga listrik yang diambil dari pemantik rokok (power plug 12V DC) yang banyak dijual di toko aksesoris dengan harga bervariasi, mulai enam puluh ribuan hingga ratusan ribu rupiah. Kompresor portabel ini umumnya telah memiliki alat pengukur yang lumayan akurat sehingga sangat praktis digunakan, terlebih saat mengadakan perjalanan jauh ke luar kota. Namun jika anda lebih praktis lagi belilah pompa mini yang tenaga penggeraknya adalah dengan kaki dengan cara menginjak injak untuk memompa ban tersebut.

Manfaat alat ini akan terasa saat ban tubeless Anda tertusuk benda tajam dan bocor halus. Jika bocornya tak terlalu parah tapi tetap harus ditambal, Anda hanya perlu menambahkan angin secukupnya agar bisa terus berjalan sampai menemukan bengkel ban tanpa harus repot mendongkrak, melepas dan menukar dengan ban cadangan.

Tekanan angin ban yang sesuai dengan ketentuan banyak memberikan manfaat, antara lain meningkatkan kenyamanan dan keselamatan berkendara, meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan ,memperpanjang usia pakai ban. Okey Brosis semoga berguna.

Iklan

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s