SEGERNYA AIR AWET MUDA,, BIKIN HILANG PENAT UEEEY..!

am

pic: google

Okey brother and sis,, langsung aja ya, barusan nyampe, tadi dari taman narmada Lombok Nusa Tenggara Barat, gua sekarang ada dirumah, eh tadi pagi pagi sekali  saya sih hanya refleksing saja ke  taman narmada, naik motor bersama istri dan teman, hilangkan streesz, maklum manusia,, rawan streesz,, kebetulan dah lama gak kesana, biasa habis jalan jalan, makan sate belayak,  kita kita bisa mandi di kolam yang ada disana, dan  jika sudah puas yang pastinya mampir sebentar di tempat pengambilan air awet muda / petirtaan, yang konon emang bikin segar fisik dan fikiran, bikin awet muda ueeey,, entah sugesti atau apalah, yang penting intinya  nih, setiap mampir kesini pasti ambil air awet muda satu jerigen. Eiit tunggu dulu gak sembarangan ambil nih air, harus ijin dulu sama mangku yang menunggu disana, utarakan izin dan tujuan agar bisa di  doakan dan berkasiat nih air, karena konon bukan air sembarangan, ratusan tahun jee,, air ini gak pernah surut surut. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara nun jauh disana berkunjung hanya untuk mencari air awet muda ini yang konon katanya emang berkhasiat,  dari mulut ke mulut  teman teman katanya. Ada tuh yang dari surabaya, jakarta, semarang dan bali juga turis asing juga ada,,,ke taman narmada ini  bawa jerigen gede gede banget, mau pake mandi atau apalah gak usah dipikirin dah, yang penting untuk gue udah dapet satu jerigen,siiip,,, setelah didoakan kita beranjak dari tempat tersebut dan jangan lupa sesari/uang yang kita masukkan ke kotak, semacam kotak amal, mungkin untuk perawatan tempat tersebut kali ya, ya udahlah, lanjut. Begini sebenarnya ;

Taman Narmada terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 10 kilometer sebelah timur Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Taman yang luasnya sekitar 2 ha(hektar are) ini dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka(Oktober-November). Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau saat dahulu kala. Bangunan di Taman Narmada masih utuh deh. Jangan kuatir, ada saksi bisu, he he he.

Nama Narmada diambil dari Narmadanadi, anak Sungai Gangga yang sangat suci di India. Bagi umat Hindu, air merupakan suatu unsur suci yang memberi kehidupan kepada semua makhluk di dunia ini. Air yang memancar dari dalam tanah(mata air) diasosiasikan dengan tirta amerta(air keabadian) yang memancar dari Kensi Sweta Kamandalu. Dahulu kemungkinan nama Narmada digunakan untuk menamai nama mata air yang membentuk beberapa kolam dan sebuah sungai di tempat tersebut. Lama-kelamaan digunakan untuk menyebut pura dan keseluruhan kompleks Taman Narmada.

Di Taman Narmana ada beberapa bagian seperti gerbang utama, jabalkap, telaga kembar, gapura gelang, mukedes, telaga padmawangi, balai loji, balai terang, patandaan, bangunan sakapat, balai bancingah, Pura Kelasa dan Pura Lingsar.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Taman Narnada ini, pasti bertujuan untuk mencuci muka di Balai Petirtaan. Konon sumber mata airnya berasal dari Gunung Rinjani dan merupakan tempat pertemuan tiga sumber air yakni Suranadi, Lingsar dan Narmada. Air yang ada di Balai Petirtaan dipercaya dapat menjadikan orang yang meminum dan mencuci muka akan awet muda. “Sebenarnya air ini mengandung banyak mineral yang bisa menyembuhkan penyakit kulit dan dipercaya juga menyembuhkan orang yang memiliki penyakit maag. Tapi, dari dulu air ini dipercaya bisa membuat orang awet muda bila mencuci muka dengan air ini,”  sumber : wikipedia

Saat menjajal khasiat air di Balai Petirtaan, air yang ada di dalam ruangan sebesar 5×5 meter ini terasa cukup dingin. Di dalam ruangan ada tokoh agama setempat yang tugasnya mendoakan orang yang datang. Wanita yang sedang menstruasi dilarang masuk ke balai ini, karena konon bila dilanggar bisa kesurupan.

Seperti halnya tempat wisata lainnya, Taman Narmada ini juga menyediakan beberapa arena permainan modern seperti flying fox sepanjang 200 meter yang membentang di telaga padmawangi.

Demikian sharenya semoga berguna. Ocreee.

Iklan

Satu tanggapan untuk “SEGERNYA AIR AWET MUDA,, BIKIN HILANG PENAT UEEEY..!

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s