SEJARAH PAMERAN GAIKINDO INDONESIA INTERNATIONAL AUTO SHOW, PERJALANAN FANTASTIS SELAMA 20 TAHUN

gias2015

DIOARDI-Blog. Pernahkah anda tahu sejarah Pameran GAIKINDO, kenapa pameran ini diperlukan? nah kali ini admin share sejarahnya, langsung saja. Pameran Mobil GAIKINDO) yang diselenggarakan oleh GAIKINDO pada tahun 1986 adalah awal dari pameran otomotif terbesar di Indonesia. Pada 2006, pameran mengukir sejarah baru dengan menjadi pameran berskala internasional didukung oleh OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles) dan mengubah namanya menjadi Indonesia International Motor Show (IIMS). Setelah perjalanan fantastis selama 20 tahun, tahun ini diharapkan akan mendorong acara menuju masa depan yang lebih cerah dan meluncurkan acara dengan nama baru “GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015″

Tahun 1980an
Pameran otomotif pertama kali dilaksanakan oleh GAIKINDO pada tahun 1986 dengan nama PAMERAN MOBIL GAIKINDO
LoClo5kSHS

Sejarah-GIIAS01-1

Sejarah-GIIAS01-2
Tahun 1990an
Berganti nama pada akhir era 80an, Pameran GAIKINDO yang kemudian bernama Jakarta Auto Expo kembali dilaksanakan di tahun 1996
RuE6jItcyp
Tahun 2000 – 2008
Di tahun 2000, Jakarta Auto Expo berganti nama menjadi GAIKINDO Auto Expo dengan menempati area JCC seluas 35.000 m2

2006

images
Di tahun 2006, pameran ini menjadi bagian dari rangkaian pameran otomotif dunia dan terakreditasi oleh OICA, sebuah asosiasi yang menaungi industri otomotif dunia. Dan kemudian menyematkan kata international dalam nama Motor Show –nya.

GAIKINDO-95-JAE
Tahun 2009 – 2014
Di tahun 2009, pameran ini berpindah tempat ke lokasi yang lebih luas yaitu Jakarta International Expo – Kemayoran dan menempati area seluas 60.000 m2. Tahun 2014 pameran GAIKINDO ini telah menggunakan lebih dari 80.000 m2 dan membutuhkan tempat baru untuk kembali berinovasi.

2000
Tahun 2015
Dan di tahun 2015, pameran otomotif terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini berganti nama menjadi GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 dengan menggunakan lahan pameran baru yaitu Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City

fg2

GIIAS Mendapat Pengakuan dari OICA

OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles) secara resmi menyatakan dukungannya terhadap Pameran Otomotif yang diselenggarakan di Indonesia oleh GAIKINDO yaitu GAIKINDO Indonesia International Auto Show.

GIIAS-OICA-800x450

Hal ini dinyatakan oleh Mr. Yves van der Straaten, Sekretaris Jenderal OICA dan Ms. Dominique Legendre, Executive Secretary OICA pada kunjungan resmi GAIKINDO dan Seven Events ke Kantor Pusat OICA di Paris pada tanggal 12 Februari 2015.

“Kami menyatakan dukungan untuk Pameran GIIAS 2015 dan GAIKINDO sebagai anggota resmi OICA. Dan kami akan mengundang GAIKINDO untuk melakukan presentasi terkait perkembangan pameran resmi milik GAIKINDO ini di Exhibition Committee Meeting OICA yang akan diadakan saat VIP day The 85th Geneva International Motor Show berlangsung pada 3 Maret 2015,” sahut Mr. Yves van der Straaten.

Hal ini mengingat GIIAS 2015 pindah ke lokasi baru yang lebih besar, maka perkembangan pameran yang sangat pesat inilah yang menarik untuk dibahas lebih dalam di Exhibition Committee Meeting tersebut.

OICA juga menyatakan kesediaannya untuk hadir sebagai salah satu pembicara di acara Konferensi milik GAIKINDO, yaitu IIAC (Indonesia International Automotive Conference) di saat pelaksanaan GIIAS nanti.

Dari hasil pertemuan tersebut, salah satunya OICA memastikan GIIAS akan masuk dalam kalender resmi pameran OICA pada tahun 2016. Untuk diketahui OICA mengeluarkan kalender resminya untuk beberapa pameran di beberapa negara setiap 2 tahun sekali. Untuk tahun 2016, selain GIIAS, sama halnya juga pameran otomotif di Bangkok, Beijing, Frankfurt, Paris dan beberapa pameran lainnya.

Pada kesempatan itu, GAIKINDO diwakili oleh Bapak Noegardjito sebagai Sekretaris Jenderal GAIKINDO dan Bapak Freddy Sutrisno, Staff ahli bidang pameran dan konvensi GAIKINDO. Serta didampingi oleh Bapak Andy Wismarsyah, Presiden Direktur Seven Events, selaku pelaksana pameran resmi GAIKINDO.

“Seperti pameran otomotif resmi milik GAIKINDO sebelumnya, maka pameran GIIAS inipun didukung secara resmi oleh OICA, menjadikan pameran ini masuk dalam daftar resmi pameran otomotif dunia. Artinya, pameran ini sudah pasti harus memenuhi standar pameran otomotif internasional. Semoga dukungan ini bisa menjadikan pameran GAIKINDO lebih baik dan dapat mendukung pertumbuhan industri otomotif nasional,” ujar Bapak Noegardjito, SekJen GAIKINDO.

“Dengan adanya dukungan dari OICA ini mendorong kami untuk membuat pameran GIIAS menjadi jauh lebih baik dari pameran otomotif GAIKINDO sebelumnya dan memenuhi standar pameran otomotif berskala internasional,” tambah Bapak Andy Wismarsyah, Presiden Direktur Seven Events.

Sumber :

Iklan

10 tanggapan untuk “SEJARAH PAMERAN GAIKINDO INDONESIA INTERNATIONAL AUTO SHOW, PERJALANAN FANTASTIS SELAMA 20 TAHUN

  1. beeh bisa nostalgia lagi lihat gambar diatas, kenangan masa lalu ku, terimakasih sudah posting, soalnya sy pernah terlibat sm kegiatan tsb. thn 86, lagi lagi nostalgia. waktu cepat berlalu.

    1. IIMS 2015 lokasinya di JIExpo Kemayoran tetap berdurasi 11 hari, mulai tanggal 20-30 Agustus 2015.

      dan,,,,,,

      GIIAS 2015 lokasinya di ndonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD City. tangerang,,,20- 30 Agustu 2015

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s