MOBIL KAPASITAS 2 PENUMPANG DARI YAMAHA AKAN MELUNCUR SECEPATNYA

Dioardi Blog. Hai Brosis semuanya, tahukah anda bahwa produsen sepeda motor asal jepang yaitu Yamaha motor akan segera merealisasikan langkahnya dalam membuat mobil, produksi dan development sudah mulai berjalan tahun ini, dan seiring waktu akan berlanjut dan sampai akhirnya siap dipasarkan, hal ini dipertegas oleh Presiden dan CEO Yamaha Motor Co, Hiroyuki Yanagi, dalam wawancara dengan media Jepang pada bulan Juni 2014 tahun lalu dan ditetapkan sebagai masa produksi. Kami ingin lebih cepat karena produksi bisa fleksibel tanpa didasari investasi yang besar. Untuk awal, angka produksi mungkin kecil,” ujar Yanagi. Lokasi produksi, detail produk, dan harga, lanjut Yanagi, akan diumumkan segera pada tahun depan. Mobil-mobil yang disiapkan bakal sangat kompetitif dari segi harga. Model pertama yang dirilis adalah mobil dua penumpang dengan kapasitas mesin 1.000 cc berbahan bakar bensin.

e motiv

Perusahaan sepeda motor terbesar kedua di dunia, Yamaha, sebentar lagi bakal mengikuti jejak Google dan Apple yang bergerak ke industri manufaktur mobil. Presiden Yamaha Motor Company Hiroyuki Yanagi mengonfirmasi hal itu kepada media Jepang Nikkei akhir Februari lalu. Yanagi mengungkap bahwa Yamaha akan menggelontorkan puluhan miliar Yen untuk memproduksi dan menjual mobil kompak berkapasitas dua penumpang. Pasar pertama yang dituju adalah Eropa, pemasarannya dimulai pada 2019 mendatang. Dalam kurun waktu empat tahun dari sekarang, Yamaha akan menjadi pabrikan mobil kesembilan yang berasal dari Jepang. Tidak ada detail tentang lokasi pabrik ataupun kapasitas produksi, namun dijelaskan target pasar Eropa karena infrastruktur yang memadai. Yanagi menggambarkan mobil kompak itu memiliki mesin kecil, 1.0L berbahan bakar bensin yang dikembangkan Yamaha. Belum ada keterangan lebih lanjut, tapi kemungkinan basik layout seperti konsep Motiv yang mendebut di Tokyo Motor Show 2013. Kiprah Yamaha dalam dunia otomotif khususnya untuk mobil sebenarnya sudah berlangsung lama. Yamaha sudah punya pengalaman menyuplai mesin untuk pabrikan sejak 1955. Yamaha bahkan punya divisi pengembangan mesin mobil, memasok mesin generasi awal Nissan Silvia pada 1963 dan Toyota 2000GT mulai 1964. Yamaha juga banyak mendesain kepala silinder twin-cam untuk Toyota, saat ini Toyota punya saham lima persen di Yamaha. Bukan hanya itu, Yamaha juga mengembangkan mesin DOHC V6 24 katup untuk Ford Taurus SHO 1989 – 1995, DOHC V8 32 katup buat SHO 1996 – 1998, V8 4.4L di Volvo XC90 dan S80 yang sekarang masih beredar. Yanagi tetap realistis bahwa tantangan terberat sekarang adalah pemasaran dengan mencari metode penjualan yang tepat. Langkah awalnya dengan memanfaatkan jaringan sepeda motor. Satu hal yang pasti, tidak ada kata kerja sama dengan produsen mobil lain. Demikian semoga berguna dan menambah wawasan brosis semua.

Referensi : Kompas Otomotif

Silahkan Berkomentar