TARAF EKSKLUSIFE MOTOR BEBEK DIBANDINGKAN MATIK (Sebuah Opini)

mx-king2

DIOARDI-Blog. Langsung aja ya brosis semua, setelah puluhan tahun motor bebek wara wiri di jalanan Indonesia, akhirnya motor jenis ini bukan pilihan satu satunya untuk menemani kehidupan manusia, kenapa bisa begitu, dilihat dari populasi motor bebek yang semakin berkurang dan bahkan hampir jarang kita lihat, gak disemua daerah loh ya?, Akhirnya opini admin mengarah kepada taraf eksklusif dari motor bebek ini dikemudian hari, hal ini sekarang sudah terlihat upaya produsen motor membuat bebek menjadi eksklusif dan dapat meningkatkan pride dari penggunanya, lihat saja MX-king, Satria dan bahkan Honda akan juga memproduksi bebek super, okelah disebut ayago, namun di data AISI tetap aja disebut moped, ujung ujungnya ya moped, naah gak usah dipikirin, fokus ke eksklusifitas saja, sepertinya adanya penggiringan image dari produsen motor bebek kearah pride kebanggaaan memiliki moped super semakin nyata, karena semakin sedikit jumlah motor yang dipakai masyarakat menjadikan motor tersebut terlihat eksklusife dan special, ini adalah celah produsen memanage dan mengekploitasi moped tersebut agar disukai kaum eksklusife muda, dan memang akan berhasil, kenapa??? karena moped yang beredar ke depan adalah bukan sekedar bebek jalanan, namun motor bebek sport super yang kencang, sporty serta racy dan dijejali teknologi serta fitur fitur layaknya motor sport.

spacy1

okey lanjut,, ada beberapa opini admin menguraikan bahwa antara motor matik dan motor bebek (moped) masing masing mempunyai fungsi, makna, dan tujuan. Kita bagi saja dari ketiga point tersebut yaitu ;

  • Dari segi Fungsi
    admin melihat bahwa saat ini dominasi skuter matic sudah sangat sporadic di beberapa kalangan masyarakat, mulai dari pekerja harian sampai kepada orang yang berpenghasilan besar, matik dipilih kebanyakan orang saat ini karena fungsionalitasnya yaitu dapat membawa berbagai macam barang bawaan di deknya yang luas, begitupula di bagasinya, mulai gallon air, tabung gas, bahkan beras ukuran 25 kilo muat, jadi dilihat dari fungsi menyebabkan motor bebek menjadi nomor dua karena keterbatasan bawaan, walaupun dipaksakan juga bias namun tetap tidak nyaman dan berbahaya.
  • Dari Segi Makna
    Matic dapat bermakna secara ekonomi dan kepercayaan, dilihat dari ekonomi masyarakat Indonesia matik entry level menjadi sangat laku karena seperti yang saya sebutkan diatas akan fungsionalitasnya dan akan tetap dipilih masyarakat kedepannya untuk peneman kehidupan seharai hari, mulai dari mencari nafkah, kerja sampai untuk mengantarkan anak sekolah. Semua oke-oke saja. Dibandingkan dengan bebek, makna sebuah kendaraan ya jelas sama, namun makna ekonomis tetap nomor dua dari matik, gak praktis untuk barang. Seperti bawa gallon, tabung gas dan beras, kepasar apalagi, daah lewaat.
    Nah kalo matik dengan bebek jelas ribet mana kalo seandainya sipengendara memakai sarung atau kebaya, ataupun daster yang panjang, dan kepercayaan masyarakat lebih tinggi kepada matik dari pada bebek, karena itu loh, orang mau pakai sarung atau kebaya,, tinggal angkat kaki sedikit saja dari tanah langsung wuuszz…! Naah coba pake bebek, gak mungkin lancar, jelas naikkan kaki agak lebih tinggi baru bisa.
  • Dari Segi tujuan
    Matic jelas bertujuan praktis, memperingan keribetan si pengendara, secara aktifitas ekonomi keluarga sangat memadai karena mempunyai dek, dan bagasi juga luas, sedangkan motor bebek walaupun mempunyai bagasi, namun tidak memiliki dek, jadi jelas khan brosis bahwa lebih efisien matik ketimbang bebek.

Terlepas dari 3 poin diatas, menyebabkan bebek lama lama menjadi motor inferior atau minoritas, karena akan sedikit jumlahnya maka lama lama juga akan menyebabkan moped itu eksklusife dan special, tidak menutup kemungkinan suatu saat image motor bebek (moped) dikalangan biker beralih kepada kebanggaan (pride) bahkan kedudukannya dibawah motor sport satu tingkat, ini opini admin, karena dibuat eksklusife, hanya orang eksklusife yang naik moped, sedangkan yang naik motor matik adalah, masyarakat umum untuk bekerja mencari nafkah dan menemani kehidupan sehari hari karena tugas motor matik tidak lebih dari mengangkut sembako, antar anak sekolah dan kerja ke kantor jarak dekat saja, okey sekian dulu opininya,,, mungkin brosis sekalian punya opini lain silahkan beri komentarnya,,, semoga berguna.

Iklan

2 tanggapan untuk “TARAF EKSKLUSIFE MOTOR BEBEK DIBANDINGKAN MATIK (Sebuah Opini)

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s